Motif Tikar Natuna

>> Thursday, May 15, 2008

Tanggal 12 Mei 2008, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Natuna mengadakan acara launching buku Motif Tikar Natuna di Ranai-Natuna yang merupakan hasil kerjasama dengan L'mar Production Jogjakarta. Beberapa motif tikar Natuna telah digunakan sebagai motif kain yang dipergunakan untuk seragam panitia MTQ II Propinsi Kepulauan Riau. Dalam buku tersebut ditampilkan sekitar 50 jenis motif diantaranya motif palak paku, bunga matahari, bunga cengkeh rabun 13, bunga retak, motif S dan lain-lain.

Tikar merupakan salah satu hasil kerajinan yang memiliki nilai seni dan budaya yang sepatutnya dilestarikan. Namum kurangnya minat generasi muda terhadap kerajinan ini menyebabkan regenarasi pengrajin perlu mendapat perhatian yang serius bagi semua pihak, sehingga kerajinan yang menjadi ciri khas daerah dapat dilestarikan.

Selain regenerasi pengrajin, permasalahan lain adalah memberikan sentuhan tehnologi tepat guna agar memperpendek waktu kerja per produk. Hal ini akan meningkatkan efiesiensi kerja sehingga biaya produksi dapat ditekan.


0 comments:

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP