PEMIMPIN YANG EFEKTIF (Bagian I)

>> Thursday, July 31, 2008

Situasi global di milenium ketiga ditandai dengan berbagai ciri antara lain : adanya berbagai bentuk kompromi dan aliansi internasional artinya batas pemisah antar negara semakin sempit, teknologi informasi dan virtual supercanggih, perdagangan tanpa batas-batas negara dan lain-lain.


Semua ciri-ciri di atas merupakan suatu hal yang telah disepakati oleh seluruh warga dunia baik melalui kesepakatan tertulis maupun tidak. Artinya disadari atau tidak kondisi ini akan dihadapi baik disukai (dengan anggapan sebagai peluang) maupun tidak disukai (dengan anggapan sebagai suatu tantangan).

Menghadapi kondisi global ini, kita membutuhkan banyak kompetensi diantaranya adalah memiliki pemimpin yang berkemampuan. Pemimpin yang berkemampuan adalah seorang yang memiliki kemampuan dalam tiga hal yaitu : pertama, berani menghadapi tantangan; kedua, mampu memetik manfaat dari arus perubahan yang terjadi; dan ketiga, mampu mendesain lingkungan atau meng-create perubahan sesuai dengan keinginannya. Seseorang baru dikatakan sukses memimpin kalau dia telah mencapai ketiga hal tersebut.

Banyak literatur yang membahas tentang kepemimpinan, dari yang klasik konvensional sampai yang bersifat futuristik. dari pemikiran John Adair sampai pemikiran Feter F Drucker. Namun disini tidak akan dibahas semua pemikiran tersebut karena terlalu kompleks dan teoritis. Yang akan dibahas adalah makna pemimpin yang berkemampuan, yakni pemimpin yang efektif.

Pemimpin yang efektif adalah seorang yang memiliki talenta kepemimpinan yang besar, wibawa kepemimpinan yang memadai yang dirasakan oleh lingkungan sekitarnya, punya tekad, kemauan, dan rasa kepercayaan diri (self confident) yang tinggi, serta memiliki kemampuan prima dalam mengkoordinir orang untuk menjalankan fungsi kepemimpinannya ( sebagai manajer). Untuk semua kemampuan tersebut, maka seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial yang tinggi.

Hal terpenting yang membuat pemimpin itu efektif adalah eksekusi. Artinya bagaimana dia melaksanakan dan mewujudkan semua visi, misi, strategi, program, rencana, dan ide-ide yang dimiliki. Jadi pemimpin yang efektif tidak hanya sebatas omongan dan janji-janji saja atau terbatas kemampuannya berorasi atau berpidato dihadapan orang-orang yang dipimpinnya. Jadi pemimpin efektif terletak pada implementasi. Do or action! Not talk only...! (Bersambung....)






0 comments:

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP